Sabtu, 21 November 2009

Daftar SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Jaringan Akses di Indonesia

Teknik jaringan akses atau network access engineering merupakan salah satu jurusan yang dibuka pada Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Pada saat ini depdiknas melalui Spektrum Keahlian SMK 2009 telah memposisikan Teknik Jaringan Akses sebagai kompetensi keahlian pada program studi keahlian teknik telekomunikasi di bawah bidang studi keahlian: Teknologi Informasi dan Telekomunikasi, disamping Teknik transmisi telekomunikasi dan Teknik Suitsing.

Pada kompetensi keahlian ini, para siswa SMK dituntut untuk bisa memahami, mengoperasikan hingga memelihara berbagai perangkat utama dan pendukung jaringan telekomunikasi yang digelar oleh berbagai operator telekomunikasi maupun perusahaan-perusahaan pengguna sarana telekomunikasi sebagai infrastruktur pendukung core business-nya. Jangkauan yang harus mereka (para siswa SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Jaringan Akses) kuasai meliputi Jaringan Lokal Akses Tembaga, Jaringan Lokal Akses Fiber Optik, dan Jaringan Lokal Akses Radio.

Hingga tulisan ini dibuat, di Indonesia sendiri, SMK yang menawarkan pendidikan kejuruan dengan kompetensi keahlian Teknik Jaringan Akses ini masih sedikit, sementara keterbutuhan industri/perusahaan jasa telekomunikasi terhadap tenaga-tenaga teknisi muda terampil yang dihasilkan sekolah kejuruan ini masih cukup besar. Sebagian besar tenaga siap pakai ini masih didominasi oleh SMK-SMK Telekomunikasi di bawah Yayasan Pendidikan Sandhyakara Putera Telkom sebagai Yayasan Pendidikan yang dinaungi oleh PT. Telkom Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, Yayasan pendidikan swasta lainnya pun mulai memperlihatkan animonya terhadap kompetensi keahlian yang cukup langka ini.

Berikut saya buat daftar beberapa SMK di Indonesia yang membuka program studi telekomunikasi dan kompetensi keahlian Teknik Jaringan Akses:

1. SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta,
2. SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto
3. SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru
4. SMK UT PGII Bandung

Silahkan melihat profil masing-masing sekolah tersebut dengan meng'klik' link di atas.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

SMK Al-Islam Surakarta, Mulai tahun Pelajaran 2013-2014 membuka Kompentensi Keahlian Teknik Jaringan Akses

Unknown mengatakan...

SMK Al-Islam Surakarta, Mulai tahun Pelajaran 2013-2014 membuka Kompentensi Keahlian Teknik Jaringan Akses

Wireless Communication Technology

Wireless Communication Technology Map WLAN (Wi-Fi) Quick Guide (Printed)